Sabtu, April 28, 2012

Berbincang Cinta di Facebook

Ilustrasi Sumber : hendradianpurnama.blog
Malam yang menjenuhkan membuat diriku terbaring kesendirian diatas kasur. Bantal guling menjadi sasaran pelukan hangat. Biasanya ketika jenuh nonton TV namun siaran tidak terlalu menarik. Untuk mengobati kesepian malam ini, saya membuka mengambil handphone yang sebelumnya sudah kusimpan dalam tas. Teknologi mungil ini menjadi alat pengobat kesepian. saya mengigat dua tahun lalu, fasilitas internet di HP masih sangat terbatas. hanya berselang dua tahun, pencipta teknologi dengan cepat melahirkan inovasi terbaru dengan memberikan ruang internet jejaring sosial melalui hp. kondisi ini membuat hampir setiap keluarga mengkandangkan sebuah HP di rumahnya, karena model terbaru terus bermunculan. ujung-ujungnya, Kita selain menjadi konsumen juga menjadi tempat sampah elektronik.


Bantal guling di pelukan mengingatkanku pada kekasih yang jauh di sana. pikiran kembali terusik dengan kata "cinta". untuk menjawab ini, saya mencoba share di prof google buku Karya John Amstrong yang membahas tentang Cinta. Buku ini cukup kompleks membahas tetang cinta, mulai dari karya Goethe, Dante, St Augustine, plato hingga freud dst. setelah kubaca halaman pertama, mataku mulai bosan melihatnya. Maklum, saya sangat malas membaca malam ini.

Kata "Cinta" belum lepas dalam ingatanku. untuk mempermudah menemukan jawabannya, saya mencoba menuliskan keresahan di wall facebookku.  tidak cukup 30 menit, sekitar 20 orang menjadi jempolers dan 26 orang yang mengomentari status facebookku.  Komentar pertama dimulai Putri Utami dengan mengatakan "Cinta itu menyakitkan". Ia melanjutkan komentar dibawahnya, kenapa cinta itu menyakitkan ?, dengan jawaban bahwa "Orang yang dicintai selalu dituntut sempurna padahal tidak mungkin semua orang akan sempurna, karena itu cinta menyakitkan". 

Memperhatikan komentar Putri Utami, manusia saling mencintai dengan tujuan untuk mencapai kebahagiaan, namun tidak sedikit manusia yang berkeluarga dalam kehidupan sehari-hari selalu memperlihatkan pertengkaran dalam kehidupan rumah tangganya. begitupun, dalam proses pacaran, tidak sedikit remaja yang selalu bertengkar dengan kekasihnya. ujung-ujungnya putus nyambung. Cinta itu bagaikan hp cari sinyal di tengah hutan belantara . hehehe

Kita tidak bisa pungkiri dalam kehidupan cinta bapak ibu kita sering terjadi percecokan yang menimbulkan pertengkaran yang berujung benci. Cinta dan benci suatu kesatuan yang saling memelihara satu sama lain. benci dalam hal ini, "benci yang terkondisikan, setelah itu baik lagi ditempat tidur" kata mamaku.. hehehe

Komentar kedua dari Kaum Uyee yang mengatakan bahwa "Cinta itu soal hati. akan bahagia jika dijalani dengan ketulusan, perhatian dan yang terpenting adalah kesetiaan". Komentar ini berbicara tentang hati dan lebih memproritaskan memberi daripada menerima. Kedua, hanya menekankan pada perasaan. bagaimana kalo cinta yang berujung nafsu dan akhirnya harus hamil. jangan hanya memberi uang kesehatan dan uang makan. eh, jangan lupa tanggung jawab atas segalanya.. hehehe. Tanggung Jawab itu penting juga dalam dunia percintaan.

Komentara ketiga, dari Muhammad Anwar yang mengatakan "Cinta itu adalah persahabatan".  Rendy Prw menambahkan bahwa perlu untuk membedakan Cinta Sahabat dengan Cinta yang lainnya. Cinta lainnya yang dimaksud seperti Cinta Tuhan, Cinta tetangga, Cinta Negara, Cinta Seks dll. 

Sahabat biasanya disebut philia, solidaritas antar sesama kawan atau teman. Hasrat cinta yang didasari oleh nafsu biasanya disebut cinta Eros. Cinta terhadap diri sendiri biasanya disebut narsisme. Cinta terhadap negaranya biasanya disebut patriotisme dan cinta terhadap bangsa biasa disebut nasionalisme. ada juga cinta dengan orang yang berjenis kelamin sama, khusus lelaki biasanya disebut Homo Seks, untuk perempuan disebuat Lesbi atau lesbian (nyontek di wikipedia)

Terakhir, Komentar dari Jef Buyung yang mengatakan "Cinta adalah anugrah yang diberikan allah agar kita dapat bersatu sampai anak cucu dan dapat bersatu lagi di surga nanti". Cinta ini mengigatkanku pada cerita kisah asmara romeo juliet. Cinta sejati sehidup semati. Namun, satu hal yang paling penting dari komentar Jef adalah Ia mencita-citakan cinta kedamaian dari nenek sampai anak cucu baik di dunia maupun di akhirat. tanpa ada kebencian antar sesama manusia dalam membangun dunia ini.

Cinta sejati demi kedamaian kehidupan umat manusia, mengigatkanku pada lagu John Lennon yang liriknya kurang lebih seperti ini "bayangkan (imagine), bayangkan..... tidak ada negara, agama, dan harta maka tidak ada yang membunuh atau mati. bayangkan (imagine), bayangkan...... semua orang menjalani hidup dengan damai"

ya, ya,ya.. udah ngantuk nih. kita lanjut dalam pertemuan kedepan ya. kalo ada ide baru tentang cinta tolong share d blog ini ya. ma kasih sebelumnya.