Selasa, Maret 20, 2012

Sarimin Mabuk Alkohol

Ilustrasi:  Tuak, minuman tradisional khas Indonesia. sumber : pakkat1974.wordpress.com
Di Sebuah bangku depan kelas ruangan kuliah. Saya bersama Ita, teman kuliahku duduk menunggu teman dan dosen yang akan mengajar. Kantin di bawah ruangan biasanya menjadi tempat nongrong para mahasiswa masih sepi, terlihat baru pedagang kopi dan makanan ringan yang sedang menyusun barang dan kursi-kursi kantin.

Karena tidak ada bahan pembicaraan, Ita memulai dengan menceritakan kasus yang dialami semalam di Kampung. Adiknya, yang bernama Sarimin yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) terlambat pulang ke rumah.

Salah satu tetangga Ita mengadakan pesta pernikahan kemarin, dan kemudian dilanjutkan dengan acara orgenan. Para pemuda kampung dilibatkan dalam kegiatan kepanitiaan. adapun tugas pemuda dalam kegiatan pesta pernikahan bertindak sebagai tukang parkir, penjemput tamu, kebersihan dst.

Jam 01 dini hari telah tiba, Acara orgenan sudah dua jam selesai. Sarimin belum juga pulang istirahat di rumah. Ita kemudian berinisiatif untuk mencari adik kandungnya. Ita merasa kaget mengunjungi lokasi pesta, karena tidak satu pun orang yang berada dalam pesta. baik undangan dari luar maupun warga kampung, semuanya sudah pulang ke rumah masing-masing.

Sarimin didapatkan tertidur di sebuah bale-bale dekat panggung orgen. Ia tertidur pulas, dikira sedang kecapean membersihkan di acara pesta. tangannya cukup dingin, Ia hanya memakai baju kaos tipis. tangannya pun di goyang-goyang supaya tersadar dan pulang tidur di rumah. sekitar sepuluh menit dibangunkan ternyata tidak bangun-bangun. sarimin hanya mengeluarkan vokal dengan mengigau.

Ita kasian melihat adiknya yang tidur sendirian di kesunyian malam dalam keadaan tidak sadar. Ita mencurigai adiknya sedang keracunan. Akhirnya, Ita berjalan pulang memanggil tetangganya untuk membantu menggotong adiknya pulang ke rumah.

Setelah tetangganya sampai di lokasi, Ia menjelaskan bahwa Sarimin sedang mabuk alkohol. hal ini diketahui dari bau mulut Sarimin. Ita tidak jadi menggotong adiknya, tetangganya yang mengangkat sampai di rumah. Maklum, Si tetangga berbadan besar, tinggi dan cukup berotot.

Ita sangat jengkel melihat adiknya yang ikut-ikutan dengan teman sebayanya meminum minuman beralkohol. Dalam sejarah hidupnya, Ita baru kali ini mendapatkan adiknya mabuk. Kepribadian adiknya cukup diterima di masyarakat dan taat beribadah. Kondisi demikian, sudah terkena pengaruh lingkungan yang kurang baik. Disatu sisi, Ita kasihan melihat adiknya yang tidak sadarkan diri.

Keesokan harinya, Sarimin menuturkan bahwa minuman yang diminum berupa figur, minuman botolan seharga 40 ribu rupiah per botol, dan Tuak, minuman tradisional orang Indonesia. Pada saat menghadapi minuman beralkohol yang ada hanyalah kesenangan, apalagi disertai dengan musik non stop seperti halnya musik yang sering diputar di diskotik. rasa alkohol yang diteguk memang terasa pahit, namun mempunyai nilai keindahan tersendiri di ranah bawah sadar. semakin banyak minum alkohol, rasa percaya diri semakin meningkat, rasa takut hilang dengan sendirinya. 

Pembicaraan belum kelar, datang seorang mahasiswi kedokteran yang juga teman akrab kami, duduk berbincang bersama kami. Ia lalu menjelaskan bahwa mabuk sama halnya dengan keracunan. Alkohol yang diteguk akan masuk kedalam dan tersebar dalam tubuh. dampak alkohol akan merusak sistem kerja tubuh.

Alkohol akan merusak sistem kerja pembuluh darah dan jantung yang akan menyebabkan sesak nafas dan menurunkan daya tubuh. Akan merusak sistem pencernaan mulai dari mulut sampai anus yang menyebabkan mual-mual. Akan merusak sistem kerja otak dan tulang belakang yang mengakibatkan kehilangan kesadaran. Akan merusak sistem kontrol kerja kalenjar yang menghasilkan hormon sebagai pembawa dan penerjemah pesan menjadi suatu tindakan yang mengakibatkan sering bicara ngawur dan gangguan dalam berprilaku yang menyebabkan mudah tersinggung. Terakhir, Akan merusak sistem kerja ginjal.

Pasca proses mabok selesai, akan kelihatan gelisah, murung, cemas, gemetaran, berhalusinasi dan dehidrasi. semua ini tidak lain dari kerja alkohol yang mengandung metanol, propono, etanol dst. Namun, kandungan yang paling berpengaruh dalam alkohol adalah zat etanol dalam bahasa kimia CH3 CH2 OH. 

Bapak dosen berjalan dengan lambat dari arah Kantor menuju ruangan. Dia akan memberikan mata kuliah kepada kami. Sebenarnya, masih banyak yang perlu dibahas, tapi bapak dosen sudah datang. Jadi kita lanjut lain waktu kedepan. Dalam pembahasan ini juga sudah melebar kemana-mana mulai dari proses mabuk, kimia, kesehatan dan psikologi. sebelum kami memasuki ruang kuliah, Ita mengakhiri pembicaraan dengan mengikuti mimik Sarimin, adiknya yang tidak mau mendengar nasehat "MABUKLAH SEBELUM TERLAMBAT".

Kahlua, Minuman dari mexico yang dibuat dari biji kopi arabika , enak rasanya


 








5 komentar:

  1. ini cerita sebenar kah sis?

    BalasHapus
  2. iya mas.
    ma kasih tlah berkunjung. salam kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..sama2.. salam perkenalan juga dari saya..

      Hapus
  3. alkohol merosakkan minda...huhu

    done folow kamu yaa..happy blogging :)

    BalasHapus
  4. alkohol merusak kesehatan manusia :)

    ok thanks,

    BalasHapus